Pengertian Wi-Fi dan Macam-Macam Spesifikasi Wi-Fi

 
 
Pengertian Wi-Fi
 
 
Pengertian Wi-Fi – Perusahaan dan para ilmuan terus bekerja keras untuk menciptakan teknologi yang akan semakin mempermudah komunikasi dan mempercepat penyebaran informasi. Inovasi yang kerap mereka punculkan berbuah hasil manis, dan itu dapat kita rasakan saat ini. Jika kita menoleh ke belakang sejenak, teringat jelas di benak kita beberapa tahun yang lalu betapa sulitnya kita untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Komunikasi pun masih belum semudah sekarang, untuk bisa berkomunikasi dengan kerabat yang berada di luar negri atau bahkan di luar kota dilakukan dengan cara mengirim pesan dalam bentuk surat yang baru bisa sampai berhari-hari hingga berminggu-minggu lamanya.
Tetapi kini begitu mudahnya kita mendapatkan informasi dimanapun, sedang apapun kita, dan lewat banyak macam media. Kemudahan dalam mendapatkan informasi ini salah satunya ditopang oleh infrastruktur yang memadai, contohnya berkat adanya teknologi Wi-Fi. Kita yang gemar berselancar di internet pasti lah tau apa yang dimaksud dengan Wi-Fi. Namun tidak menutup kemungkinan kita hanya sebatas tau gambaran secara umumnya saja tentang Wi-Fi, tidak secara mendetail. Maka dari itu artikel ini kami buat untuk menjelaskan pengertian Wi-Fi secara lengkap.

Pengertian Wi-Fi

Wi-Fi adalah kependekan dari Wireless Fidelity. Wi-Fi dapat diartikan sebagai sekumpulan standar yang digunakan untuk sebuah jaringan lokal nirkabel atau sering disebut dengan Wireless Local Area Networks (WLAN) yang didasari pada spesfikasi IEEE 802.11.
Dapat kami simpulkan bahwa pengertian Wi-Fi adalah standarisasi koneksi yang digunakan untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain (dalam hal ini bisa berarti menghubungkan dengan banyak komputer). Saat ini Wi-Fi digunakan untuk berbagai kebutuhan dan ditempatkan diberbagai lokasi strategis. Tidak sedikit penyedia layanan internet yang menggunakan infrastruktur jaringan Wi-Fi sebagai penghubung antar server dan klien (pengguna jasa). Selain itu Wi-Fi dapat dengan mudah kita temukan saat ini di beberapa tempat strategis seperti perkantoran, mal, sekolah, kampus, kafe dan lainnya.

Spesifikasi Wi-Fi

Perancangan teknologi Wi-Fi didasari pada peraturan spesifikasi IEEE 802.11 yang hingga saat terdiri dari empat variasi dari 802.11, yang adalah:
  1. 802.11a
  2. 802.11b
  3. 802.11g
  4. 802.11n
Variasi spesifikasi di atas memiliki kemampuan yang berbeda-beda terutama pada segi kecepatan akses data. Perlu diketahui variasi spesifikasi Wi-Fi g dan n merupakan yang terbaru diaplikasikan pada perangkat pertama kali pada tahun 2005. Berikut ini kami sertakan tabel dari variasi Wi-Fi beserta masing-masing kemampuannya.
Spesifikasi    Kecepatan    Frekuensi Band    Kompatibilitas
802.11b        11 Mb/s      2.4 GHz           B
802.11a        54 Mb/s      5 GHz             A
802.11g        54 Mb/s      2.4 GHz           b,g
802.11n        100 MB/s     2.4 GHz           b,g,a
Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN. Bisa dikatakan pula bahwa Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada sebuah perangkat telekomunikasi dan internet yang dapat bekerja pada jaringan WLAN dan telah memenuhi kualitas dan memenuhi semua persyaratan yang berlaku.
Jarak jangkauan sinyal yang dipancarkan dari sebuah perangkat Wi-Fi bermacam-macam. Hal itu tergantung pada perangkatnya masing-masing. Adapun perangkat yang berperan sebagai penerima sinyal Wi-Fi supaya dapat menangkap sinyal yang dipancarkan oleh salah satu perangkat Wi-Fi maka diperlukan kecocokan spesifikasi yang dimiliki oleh kedua perangkat tersebut. Lebih jelasnya anda bisa lihat spesifikasi Wi-Fi dari sebuah perangkat yang bisa dilihat pada informasi produk tersebut, lalu sesuaikan dengan tabel yang kami tampilkan di atas.

Pengertian Wi-Fi dan Macam-Macam Spesifikasi Wi-Fi

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian Wi-Fi dan pembagian spesifikasi Wi-Fi. Dari artikel ini kita dapat mengetahui arti sebenarnya dari istilah Wi-Fi dan kita juga dapat membedakan masing-masing dari spesfikasi Wi-Fi tersebut. Lebih jauh lagi diharapkan kita juga akan bisa menentukan perangkat Wi-Fi mana yang akan cocok digunakan untuk kebutuhan kita di rumah, di kantor dan lainnya.

Komentar