PROSEDUR BONGKAR PASANG KOMPUTER

ALAT DAN BAHAN

Alat dan bahan yang digunakan pada praktek membongkar dan memasang kembali satu unit komputer adalah :
Alat dan Bahannya yaitu :
  1. Seperangkat unit PC
  2. Satu buah obeng positif (bunga)
  3. Satu buah obeng minus
  1. TEORI SINGKAT
  2. Peralatan atau komponen pada PC meliputi unit input, unit proses, dan unit output. Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang di sebut dengan sistem komputer. Secara umum sistem terdiri dari elemen – eleman yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sitem komputer adalah mengolah tujuan data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen – elemen yang terdiri dari :
    1. Perangkat keras
    2. Perangakat lunak
    3. dan brainware
    perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah – perintah untuk melakukan proses tertentu. Dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
    Ketiga elemen tersebut harus saling berhunbungan dan membentuk satu kesatuan. Adapun komponen – komponen dalam komputer adalah
  1. input device (alat masukan )
adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat unutk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Beberapa alat masukkan di dalam komputer seperti :
  1. keyboard
  2. pointing device
  3. scanner
  4. data reader
  5. voice recognizer
  6. dll
  7. output device
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berbentuk hardcopy, soft copy ataupun berupa suara. Output yang di hasilkan dari proses dapat di golongkan menjadi empat bentuk yaitu tulisan, image, suara dan bentuk lain yang dapat di baca oleh mesin. Contoh dari alat output ini adalah :
  1. printer
  2. speaker
  3. monitor
  4. proyektor
  5. dll
  1. I/O Ports
bagian ini di gunakan untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. I/O Port juga biasa di sebut dengan bagian interface karena peralatan inputdan output di atas terhubung melalui port ini.
  1. CPU (Central Processor Unit)
CPU merupakan otak sistem dan memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu ALU. Sebagai pengolah data dan CU sebagai pengontrol kerja komputer.
  1. Memori
  2. RAM (random Access Memory)

Komentar