MengelolaPerpustakaan Maya (Backpack)
a. Menambah File atau Link dalam Backpack
Untuk
menambahkan sumber belajar dari dalam komputer Anda baik yang berupa file/dokumen (lembar kerja, lembar
sebar, lembar presentasi, dst), video, audio, digital book, dst, maupun untuk
menambahkan tautan (link) dari
berbagai website yang menurut Anda
penting, silakan ikuti langkah berikut.
1) Klik ikon Backpack
di toolbarsebelah kiri atas.
2) Klik tombol Add to Backpackdi sebelah kanan atas.
3) Ada pilihan File
atau Link, silahkan pilih salah satu.
Jika Anda memilih File silakan klik
tombol Upload dengan maksimal file
100 MB kemudian klik Add.
4) Jika Anda memilih Link
silakan memasukkan alamat tautankemudian klik Add.
b. Menyimpan Note dalam Backpack
Jika Anda ingin menyimpan note penting dari guru ke backpack
Anda sehingga dapat lebih mudah untuk Anda temukan. Anda dapat menambahkan note tersebut ke backpack dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
1)
Geser kursor Anda sehingga
menemukan ikon
di sebelah kanan note yang ingin Anda simpan.
2) Pilih Link to this Post pada menu drop-down,
sehingga muncul pop up window - Link to
Post, salinlink yang dihasilkan.
3) Klik Backpack dan klik tombol Add
to Backpack di sebelah kanan atas.
4) Pada halaman Add
to Bacpack pilih Link, kemudiantempel pada text box yang telah disediakan.
5) Klik Add maka
note sudah tersimpan dalambackpack.
c. Menyimpan Dokumen Tugas dalam Backpack
Seluruh dokumen yang
Anda kirimkan sebagai hasil tugas akan secara otomatis tersimpan dalam backpack, sehingga Anda tidak perlu
menjumpai kesulitan untuk mencari kembali dokumen hasil tugas yang Anda
kirimkan kepada guru. Anda hanya perlu mengklik ikonBackpack
di toolbar atas.
Kemudian klik tabTurnedIn di panel
sebelah kiri.
d. Membuat, Menyimpan Konten, dan Menghapus Folder
Untuk menjaga agar backpack
Anda tertata dengan baik, Anda dapat membuat Folderdengan mengikuti langkah-langkah
berikut.
1)
Klik ikon Backpack
di toolbar atas,
kemudian pilih menu Folder.
2)
Klik tombol NewFolder di sebelah kanan atas.
3)
Tuliskan nama Folder yang akan dibuat setelah itu klik
tombol Create dan Folder siap digunakan.
Untuk menambahkan
konten/sumber belajar Anda ke Folder, ikutilah
langkah berikut.
1) Pilih fileyang akan dipindah. Klik file tersebut hingga muncul checkboxdi pojok kiri ikon file
Anda.
2) Klik ikon Addto Folder, ikon
di toolbar atas Backpack.
3) CentangFolderyang diinginkan, kemudian klik tombol Applymaka
file otomatis telah dipindahkan.
Untuk menghapus Folder dan
konten di dalamnya, maka ikutilah langkah-langkah berikut. Jangan lupa, bahwa
konten/materi/sumber belajar Anda sekali terhapus akan terhapus selamanya.
1) Klik ikonBackpack
di toolbarbagian atas.
2) PilihFolders yang akan dihapus dan klik di atas sebelah kiri thumbnail.
3) Klik ikonTrash
untuk
menghapus Folder.
4) Pilih konfirmasi menghapus resource dari Backpack denganklikYes.
e. Akses ke Google Drive
Jika Anda memiliki
sumber-sumber belajar dalam Google Drive atau guru Anda memiliki materi-materi
dalam Google Drive, Edmodo juga telah menyediakan integrasi antara Edmodo
dengan Google Drive. Sesuai dengan kegiatan belajar sebelumnya, untuk dapat
menggunakan Google Drive, Anda harus memiliki akun gmail.Langkah-langkah untuk mengakses
materi belajar dari Google Driveadalah sebagai berikut.
1) Klik ikonBackpack
di toolbar.
2) Klik tabGoogle Drivedi sebelah kiri dan klik tombolConnect
with Google Drive.
3) Anda akan diminta untuk login diakun Google Drive.
4) Pilih tombol Allow Access ketika Anda
mendapatkan permintaan akses Google Drive.
Komentar
Posting Komentar