Objek adalah suatu tipe data seperti suara, gambar,
teks, yang digunakan untuk mengontrol movie. Semua objek merupakan bagian dari
suatu kelas. Objek pada Flash dapat berupa gambar yang nampak , hingga sesuatu
yang abstrak (tidak nampak), misalnya tanggal, data, atau deteksi input dari
mouse. Objek dapat dikenali dan digunakan setelah terlebih dahulu diberi nama.
Proses penamaan suatu objek disebut instantiating. Selain objek yang
didefinisikan, pada Flash terdapat predefined class yang terdiri dari objek
yang bisa dipakai di dalam movie. Beberapa diantaranya, MovieClip, Color,
Sound, Button, Stage, Text Field, dan Text Format.
2. Pengetahuan Dasar Objek Pada Flash
Terdapat berbagai macam objek yang sangat unik di
dalam Flash diantaranya yaitu oval tool (yang sering digunakan untuk
menggambar sebuah lingkaran) dan rectangle tool (yang sering digunakan
untuk menggambar sebuah bujur sangkar atau persegi panjang). Kedua tool
tersebut bersifat paten yakni sudah menjadi bawaan Flash itu sendiri.
a. Stroke dan Fill
Kedua objek tool tersebut (oval tool &
rectangle tool) terdiri dari dua bagian yaitu: Outline atau Stroke dan
fill. Outline atau Stroke merupakan bagian terluar dari objek tersebut,
sedangkan fill merupakan bagian terdalam dari objek tersebut yang dapat
diisi dengan warna atau gambar
Komentar
Posting Komentar